Liburan produktif (tiga hari kemarin)!

Udah gak kerasa, tahun ini adalah tahun ketiga bagiku menempuh perkuliahan studi pendidikan dokter.
Rasanya gak percaya gitu udah jadi mahasiswa semester tua padahal kayaknya baru kemarin berjuang melewati masa orientasi yang capeknya naudzubillah :") Dan sekarang udah mulai ngerjain TA (Tugas Akhir) a.k.a skripsi dan penelitian, belum lagi semester depan ada KKN dan sedihnya sampai sekarang aku baru sekali konsul tugas akhir ke dosen pembimbing (bukannya males buat bimbingan, tapi kalian tau lah dosbimku super duper sibuk dan jarang di kampus).
Bulan januari ini kebetulan liburan semester ganjil, liburan berarti waktu untuk berdamai sejenak dengan diri sendiri, beristirahat dari hiruk pikuk perkuliahan selama empat bulan lamanya dan berkumpul dengan keluarga juga berjumpa dengan kawan lama.
Namun liburan kali ini terasa berbeda karena selama tiga hari kemarin aku ditugaskan untuk melakukan kegiatan observasi sesuai bidang topik yang dipilih, well kita bisa menyebutnya kegiatan elektif. Aku memilih topik penyakit dalam dengan tiga temanku yang lain dan bersyukur banget karena tidak perlu melewati proses perijinan yang rumit bin mumet semuanya berkat temanku yang kebetulan anak direktur rumah sakit disana. Aku excited banget karena bisa dapat banyak banget ilmu dan pengalaman baru,  bertemu dengan beberapa dokter di rumah sakit dan berjumpa banyak pasien bangsal dengan penyakit yang bermacam-macam (hasil ngintilin dokter yang lagi visite kesana kemari).  Singkat cerita, aku bertemu dengan beberapa pasien dengan penyakit serius seperti hepatoma, B20 dengan TB Paru, pneumothorax dengan emfisema subkutis, sirosis, tumor otak. Semuanya berjuang melawan penyakit mereka namun ada keluarga yang selalu menemani, menunggu kabar baik dari dokter atau kemudian kembali cemas jika masih harus dirawat inap.
Hari terakhir kuhabiskan waktuku berjaga di poli interna, mengamati dokter internist melakukan pemeriksaan dan konseling pada pasien.
Seru sekali bisa mendapat pengalaman baru dan tentunya sangat senang dapat kesempatan menerapkan teori yang didapat selama perkuliahan. Aku juga mengalami pengalaman lucu selama tiga hari kemarin, gimana enggak lucu kalau tiap aku dan teman-teman yang "ber jas" lewat, hampir semua pegawai rumah sakit manggilnya "dokter" padahal udah dikasih tau sebelumnya kalau kita masih mahasiswa T,T dan  jas yang kita pake cuma jas lab XD
Pose andalan mahasiswa preklinik kalo lagi pake jas lab xD minus stetoskop yang dikalungin di leher

Komentar

  1. Waaa... Semangat terus kawan.. Ku doakan semoga sukses selalu kedepannya, dan amanah amiinn...

    BalasHapus
  2. Makasih doanya siapapun kamu ku doakan semoga kamu juga sukses di masa depan, aminn x)

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts